Kamu Vegan? Yuk Konsumsi Ini Agar Terhindar Dari Anemia

 

Hallo sobat UNALA!

Tahukah kamu bahwa banyak sekali jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk menambah kebutuhan sel darah merah dan terhindar dari anemia. Nah..untuk kamu yang Vegan tidak perlu khawatir ya! Kamu dapat tetap memenuhi kebutuhan sel darah merahmu dengan mengonsumsi 4 jenis makanan di bawah ini. Yuk simak bersama!

  1. Kacang-kacangan

Ternyata kacang kaya akan asam folat loh sobat, seperti kacang polong, kacang merah, kacang almond dan kacang hijau.

  1. Sayuran hijau

Sama seperti kacang, sayuran hijau juga mengandung asam folat yang cukup tinggi, seperti bayam dan brokoli. Selain itu sayuran hijau juga kaya akan zat besi, sehingga dapat menggantikan zat besi yang didapatkan dari sumber makanan hewani.

  1. Gandum

Kamu dapat memenuhi 20% zat besi mu dengan mengonsumsi gandum setiap hari. Gandum juga mengandung vitamin B6 yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

  1. Buah-buahan

Ada banyak jenis buah-buahan yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merahmu loh sobat, di antaranya ialah Jeruk, Kismis, Anggur, Stroberi, Wortel, Ceri dan Semangka. Buah-buahan tersebut mengandung berbagai nutrisi dan vitamin, mulai dari zinc, asam folat, vitamin C, dan vitamin A.

Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu juga harus mengetahui seberapa banyak zat besi, vitamin dan nutrisi yang kamu butuhkan agar terhindar dari anemia. Untuk zat besi misalnya, terdapat perbedaan kebutuhan berdasarkan jenis  kelamin dan usia. Perempuan usia sampai 14-18 tahun wajib memenuhi 15 miligram (mg) zat besi sedangkan perempuan usia 19-50 tahun sebanyak 18 mg. Laki-laki usia 14-18 tahun wajib memenuhi zat besi sebanyak 11 mg dan 8 mg bagi yang berusia 19 tahun lebih.

Jika sobat UNALA masih memiliki pertanyaan seputar gaya hidup Vegan dan anemia, segera hubungi dokter dan bidan UNALA untuk mendapatkan informasi yang akurat. Kamu juga bisa tanyakan informasi seputar kesehatan remaja lainnya, seperti bau badan, jerawat, menstruasi, GRATIS dengan menggunakan voucher UNALA! (Utdew)

#UNALATips 

 


Referensi :

Daftar Makanan Penambah Darah yang Paling Manjur

Vegetarian Memiliki Risiko yang Lebih Tinggi Terkena Anemia