Telat Haid? Yuk, Kenali Penyebabnya!

 

Halo sobat UNALA!

Masih ingatkah kalian tentang siklus menstruasi? Ya, siklus menstruasi merupakan jarak antara satu haid ke haid selanjutnya. Normalnya siklus ini antara 21-35 hari. Biasanya, menstruasi terjadi dengan siklus yang sama. Namun seringkali kita merasakan bahwa menstruasi datang terlambat bahkan lebih dari 35 hari. Walaupun sepele, nyata haid terlambat juga kerapkali mengganggu aktivitas maupun konsentrasi.

Dilansir dari alodokter.com, ternyata ada banyak penyebab haid datang terlambat, lho. Penyebab-penyebab tersebut bahkan seringkali kita sepelekan. Apa sajakah itu? Yuk, kita simak!

1. Stress

Ketika kita sedang stress, maka hormone di otak yang disebut hipotalamus akan terganggu. Padahal hormon tersebut bertugas untuk mengatur siklus menstruasi. Oleh karena itu, ketika sedang stress sangat disarankan untuk berlatih teknik relaksasi, serta yang paling penting menjalani gaya hidup sehat agar siklus menstruasi kembali normal.

2. Obesitas

Obesitas tidak hanya mengganggu terhadap penampilan seseorang, namun juga berdampak buruk pada siklus menstruasi karena memicu perubahan hormonal di dalam tubuh. Perempuan dengan berat badan berlebih disarankan untuk menemui dokter untuk konsultasi diet yang tepat.

3. Berat Badan Turun

Tidak hanya obesitas, perempuan yang massa tubuhnya kurang dari 10% dari mass ideal juga memicu masalah pada siklus menstruasi. Apalagi jika hal tersebut diperparah dengan gangguan makan seperti anoreksia maupun bulimia. Sama seperti obesitas, penurunan berat badan juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat.

4. Merokok

Merokok juga menjadi salah satu penyebab haid datang terlambat karena bahan yang terkandung di dalamnya. Sebut saja nikotin yang dapat mengganggu hormone progesterone dan estrogen yang berperan dalam siklus menstruasi.

Dari pemaparan di atas, kita tahu bahwa memang menerapkan pola hidup sehat dapat meningkatkan kualitas hidup kita baik dari segi fisik maupun mental. Tunggu apalagi? Yuk, hidup sehat mulai sekarang!

Apabila kalian mempunyai keluhan lainnya yang mengganggu sikluas menstruasimu, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya. UNALA juga membantu menghubungkan kalian dengan dokter dan bidan yang tidak hanya kompeten di bidangnya, namun juga sangat ramah ramah rejama. Yuk, hubungi customer line yang terteras untuk mengetahui info lainnya seputar kesehatan reproduksi dan seksual. (MRA)