Berapa Kali Sebaiknya Mengganti Pembalut?

Menstruasi pasti menjadi tamu rutin setiap bulan bagi perempuan, bukan? Oleh karena itu, kita sudah tidak asing dengan benda yang beguna untuk menampung darah ketika menstruasi. Ya! Benda penting itu adalah pembalut. Ada banyak macam pembalut yang beredar di pasaran. Perempuan Indonesia mungkin lebih familiar dengan pembalut dari serat kapas yang sekali pakai. Terlepas dari apapun jenis pembalutnya, kita wajib untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan setiap saat walau saat sedang haid sekalipun. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengganti pembalut ketika menstruasi. Namun, berapa kali sebenarnya kita wajib mengganti pembalut?

dr. Frizar Irmansyah, Sp.OG(K) dari Rumah Sakit Pertamina menyebutkan bahwa pengantian pembalut bergantung pada volume darah yang keluar. Semakin banyak darah keluar, maka frekuensi penggantian pembalut juga semakin sering. Minimal dua kali dalam sehari untuk mengganti pembalut.

Sedangkan dr. Irfan Mulyana Mustofa, SP.OG. dari RSUD Leuwiliang Bogor menambahkan frekuensi penggantian pembalut dipengaruhi subjektivitas pemakainya. Apabila perempuan mudah rishi dengan darah haid, ia akan langsung menggantinya dengan pembalut baru bahkan walau darahnya masih sedikit.

Sebagai tambahan, dilansir dari hellosehat.com, penggantian pembalut dapat dilakukan setiap 4-6 jam setiap hari agar darah tiak bocor dan bakteri tidak berkembangbiak.

Dari beberapa pemparan di atas, dapat disimpulkan bahwa jangan sampai pembalut menampung terlalu banyak darah maupun dibiarkan terlalu lama sehingga menjadi sarang perkembangbiakan bakteri. Apabila mempunyai mobilitas yang tinggi jangan malas untuk meluangkan waktu menggantu pembalut serta jangan lupa selalu sediakan pembalut di dalam tas.

Apabila kalian mempunyai keluhan maupun pertanyaan lainnya, yuk hubungi customer line UNALA untuk dapatkan informasi seputas kesehatan reproduksi dan seksual. Dapatkan juga voucher gratis untuk berkonsutasi dengan dokter dan bidan yang ramah remaja. (MRA)

#UNALAtips

 


Referensi :

Malas Ganti Pembalut Saat Haid? Ini Dampak Buruknya

Berapa Kali Harus Ganti Pembalut Saat Sedang Menstruasi?