Berbagai Jenis Junk Food yang Akrab dengan Remaja Indonesia

,

Junk food menjadi penganan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun. Steven Witherly, seorang ilmuwan di bidang makanan, berpendapat bahwa kecanduan junk food juga bisa dipengaruhi oleh kombinasi sensasi yang berbeda dalam satu kali makan. Misalnya krim keju bertekstur lembut yang dioleskan merata di atas sepotong pizza renyah. Hal ini menyebabkan otak memproduksi lebih banyak dopamine karena menganggap junk food sebagai pengalaman yang menyenangkan.

Faktanya, junk food merupakan makanan yang rendah gizi dan memiliki sedikit kandungan nutrisi atau bisa dibilang makanan tidak sehat. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), ada 10 jenis junk food yang perlu kalian waspadai. Walaupun istilah ini terdengar asing, nyatanya ada beberapa jenis junk food yang sering dikonsumsi oleh remaja Indonesia. Apa sajakah itu?

1. Gorengan

Gorengan menjadi menu favorit saat sedang bekumpul, baik dengan sahabat maupun dengan keluarga, apalagi disantap dikala hujan mengguyur. Sebut saja martabak, pisang goreng, ataupun bakwan. Namun ternyata, gorengan mengandung kalori, lemak dan oksida yang tinggi. Bila dikonsumsi secara regular dapat menyebabkan kegemukan, penyakit jantung koroner.

Bahkan, dalam proses menggoreng banyak terbentuk zat karsiogenik, dimana telah dibuktikan kecenderungan kanker bagi mereka yang mengonsumsi makanan gorengan jauh lebih tinggi dari yang tidak atau sedikit mengonsumsi makanan gorengan.

2. Asinan

Kita terkadang setelah makan-makanan yang manis, seringkali mencari yang asin-asin. Namun, tahukah kalian bahwa dalam proses pengasinan dibutuhkan penambahan garam secara signifikan, yang dapat mengakibatkan kandungan garam makanan tersebut melewati batas, menambah beban ginjal.

Kadar garam tinggi dapat merusak selaput lendir lemabung dan usus. Bagi mereka yang secara kontinu mengonsumsi makanan asin kemungkinan dapat terkena radang lambung dan usus.

3. Mie Instan

Kita sebagai remaja tentu sudah tidak asing lagi dengan mie instan. Golongan makanan ini bahkan menjadi favorit banyak orang. Sayangnya, makanan ini rendah gizi dan mempunyai kandungan garam yang tinggi. Sehingga mie instan tidak akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian apabila dijadikan sebagai makanan pokok.

Itulah beberapa jenis junk food yang akrab dengan remaja Indonesia. Segala sesuatu yang berlebihan tentunya menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Untuk itu, makan makanan yang cukup dan bergizi seimbang.

Kalian dapat menghubungi customer line UNALA untuk informasi lebih lanjut. UNALA juga membantu menghubungkan kalian dengan dokter dan bidan yang tidak hanya kompeten, namun juga ramah remaja. Jadi, jangan ragu lagi berkonsultasi masalah gizi, bahkan tentang kesehatan reproduksi dan seksual.