Jarang Makan Buah dan Sayur? Ini Tips Sehat Untukmu!

 

Halo sobat UNALA!

Tahukah kamu, menurut Global School Health Survey tahun 2015 sebanyak 93,6% remaja Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah. Angka tersebut menunjukkan juga bahwa pemenuhan gizi remaja kurang seimbang. Padahal, buah dan sayur sangat penting loh sobat untuk pertumbuhan. Riskesdas 2010 dan 2013 melaporkan bahwa untuk mencukupi kebutuhan gizi, paling tidak kita harus mengonsumsi sayur dan atau buah minimal 5 porsi (400 gram) per hari selama 7 hari dalam seminggu.

Hmm..apakah kita sudah memenuhinya selama ini? Jika belum, jangan khawatir! UNALA punya tips yang bisa diikuti agar kamu lebih sering mengonsumsi buah dan sayur sehingga gizimu dapat seimbang. Yuk kita simak bersama!

1. Tanamkan Pentingnya Makan Buah dan Sayur

Agar kita bersemangat untuk makan buah dan sayur, kita perlu menanamkan terlebih dahulu pada diri bahwa tubuh sangat membutuhkannya. Selain itu, kita juga perlu mengetahui manfaat dari masing-masing sayur dan buah, misalnya wortel yang kaya akan vitamin A sangat baik untuk mata, sehingga bagi sobat UNALA yang memiliki masalah pada mata dapat mengonsumsinya.

2. Ubah Pengalaman Buruk Saat Kecil

Pengalaman masa kecil yang buruk saat makan sayur dan buah terkadang menjadi faktor utama yang menyebabkan kita enggan mengonsumsinya kembali. Coba deh pengalaman itu kamu ubah. Cicipi kembali buah dan sayur, bisa jadi sekarang kamu justru menyukai rasanya. Berani?

3. Modifikasi

Jika sobat UNALA masih enggan makan buah dan sayur, kamu bisa loh mengolahnya menjadi makanan dan minuman baru, seperti sup, mi, smoothies dan jus. Kamu juga bisa mencampurkan sayur dan buah ke dalam masakan. Daun bawang, tomat, seledri, kubis dan sayur lainnya dapat kamu masukkan dalam omelet. Sobat UNALA juga dapat membuat saus yang segar dengan campuran buah, seperti nanas, mangga, lemon, hingga alpukat. Hmm..yummy!

4. Jadikan Sebagai Camilan

Menjadikan sayur dan buah sebagai camilan juga menjadi salah satu cara yang mudah untuk membuat diri kita terbiasa mengonsumsinya. Yuk pilih buah-buah dan sayur favoritmu sebagai camilan agar hidup lebih sehat!

5. Makan Saat Benar-benar Lapar

Tips terakhir yang dapat sobat UNALA coba ialah mencoba makan sayur dan buah saat benar-benar lapar. Kenapa? Karena saat kamu benar-benar lapar, kamu ingin menyantap apapun yang ada di depan Anda, termasuk sayur dan buah!

Gimana sobat UNALA, apakah sudah siap mencoba 5 tips di atas untuk hidup yang lebih sehat? Jika kamu membutuhkan informasi gizi dan gaya hidup sehat lainnya, pastikan kamu mendapatkannya dari sumber yang terpercaya. Yuk kunjungi klinik dokter dan bidan UNALA!

 


Referensi: 

Hermina dan Prihatini S., Gambaran Konsumsi Sayur dan Buah Penduduk Indonesia dalam Konteks Gizi Seimbang: Analisis Lanjut Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI) 2014, Buletin Penelitian Kesehatan, Vol. 44, No. 3, September 2016 : 205 – 218

Remaja Indoenesia Harus Sehat

Tips Makan Sehat Bagi Anda Yang Tidak Suka Sayur dan Buah