5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Tentang Komedo!

Halo sobat UNALA!

Kesel gak sih kalau kulit wajah bermasalah? Selain masalah jerawat, kita seringkali dihadapkan dengan si bintik hitam, yups, siapa lagi kalau bukan si Komedo. Bukan hanya membuat kita menjadi tidak nyaman, komedo juga dapat mengganggu kesehatan kulit loh sobat UNALA. Supaya tidak salah langkah dalam menanganinya, yuk kita kenali lebih jauh tentang si Komedo!

1. Penyebab Komedo

Banyak hal yang dapat menimbulkan Komedo, yaitu usia, hormonal dan masalah kebersihan kulit. Pada masa pubertas misalnya, Komedo akan lebih sering muncul. Hal ini karena adanya peningkatan hormon androgen yang memicu produksi minyak atau sebum dan sel kulit mati lebih banyak.

2. Komedo tidak hanya muncul di hidung!

Komedo sering dikaitkan dengan istilah “Hidung Landak”, karena biasanya muncul di seputar hidung, namun ternyata komedo juga bisa muncul di dagu, sekitar bibir, sekitar telinga dan bahkan bagian tubuh lainnya, seperti punggung, leher, lengan, bahu, dan dada.

3. Komedo berwarna Hitam dan Putih

Komedo ternyata tidak selalu berwarna hitam, namun ada juga yang putih. Perbedaan ini disebabkan oleh reaksi pori-pori dengan oksigen. Saat kotoran dan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori dan bereaksi dengan oksigen, maka komedo akan berubah warna menjadi hitam. Namun, bila kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat ini menutup, maka sel kulit mati tidak bereaksi dengan oksigen dan akan berwarna putih.

4. Komedo Dapat Menjadi Jerawat

Saat kita tidak menangani Komedo dengan baik, maka masalah yang akan muncul kemudian ialah Jerawat yang parah. Hal ini disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat kotoran dan Komedo menjadi iritasi dan membesar. Lambat laun, pori-pori kulit tersebut pecah dan membuat sel darah putih masuk. Pori-pori kemudian menjadi merah dan bengkak dan mengakibatkan jerawat.

5. Produk yang Memperparah Komedo

Untuk menghilangkan Komedo, kita seringkali tergiur untuk memakai berbagai produk kosmetik. Pastikan produk-produk tersebut tidak mengandung alkohol, peppermint, menthol, lemon, lime dan eucalyptus ya sobat! Kenapa? Karena bahan-bahan tersebut mengandung sifat yang dapat membuat kulit menjadi kering. Kulit yang kering mendorong wajah untuk memproduksi minyak. Akibatnya kulitmu menjadi semakin berminyak dan bisa mendorong terjadinya penyumbatan pori-pori.

 

Nah sobat UNALA, dengan mengetahui informasi yang tepat, kamu bisa lebih siap saat si Komedo datang. Kamu juga bisa cari tahu lebih banyak tentang informasi kesehatan kulit lainnya bersama dokter dan bidan UNALA! (UD)

#UNALAFact


Referensi :

Fakta Soal Komedo: Penyebab, Cara Menghilangkan, dan Bedanya dengan Jerawat

Fakta Tentang Komedo