Kanker Payudara Pada Remaja

 

Kanker payudara (Carcinoma mammae) merupakan kanker yang terbentuk di sel-sel payudara. Penyakit ini menjadi penyumbang terbanyak untuk kematian pada wanita. Di Indonesia sendiri, diperkirakan 350.000 wanita terkena kanker payudara, sedangkan 12% berakhir dengan kematian. Kanker ini memang lebih banyak terjadi pada wanita dibanding pria.

Di sisi lain, usia juga memengaruhi peningkatan risiko kanker payudara. Semakin tua usia, wanita dianggap makin berisiko terkena penyakit ini. Rata-rata kasus kanker payudara ditemukan pada wanita berusia di atas 50 tahun.

Akan tetapi, penyakit yang belum diketahui pasti penyebabnya ini mulai menyasar remaja putri usia 15 tahun, berbeda dengan beberapa dekade sebelumnya yang menyerang wanita di atas usia 40 tahun. Hal ini diungkapkan oleh Linda Agung Gumelar, ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) di sela acara penandatanganan kerja sama antara Siemens Healthineers dengan YKPI di Yogyakarta, Jumat 7 September 2018.

Oleh karena itu, remaja putri dapat mendeteksi secara dini payudara sendiri atau yang lebih dikenal dengan istilah SADARI (Periksa Payudara Sendiri), misalnya meraba lalu kemudian menemukan benjolan yang ganjil, maka sesegera mungkin memeriksakan hal ini ke dokter sebelum terlambat.

Sayangnya, banyak remaja putri yang mencara pengobatan lain sehingga telah memasuki stadium tiga atau empat yang berarti banyak yang tidak selamat. Hanya 40% penderita yang terdeteksi di tahap awal kanker dan dapat kembali sehat.

Maraknya kanker payudara yang terjadi pada remaja putri di Indonesia diduga disebabkan oleh pola hidup, polusi, dan tingkat stress yang tinggi. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Daniel Makes, ketua ASEAN Breast Disease Association (ABDA).

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan juga dapat menangani masalah penyebab stress agar terhindar darikanker payudara dan tentunya hidup lebih bahagia.

Jadi, segera periksakan payudara ketika ada sesuatu yang tidak biasa seperti benjolan. Jangan malu untuk berkonsultasi dengan dokter agar kanker payudara dapat dideteksi sedini mungkin. UNALA juga dapat menghubungkan kalian dengan dokter dan bidan yang kompeten dan ramah remaja. Yuk, tunggu apalagi? Segera hubungi customer line UNALA, ya!

 


Referensi :

Kanker Payudara pada Pria Lebih Mematikan. (2012, Mei 7)

Cara Mencegah Kanker Payudara Ternyata Mudah