Gimana Mengatasi Maskne?

#UNALAtips

Oleh: Maulidya Risne Andini


Jangan sampai sobat UNALA melepas masker cuma karena maskne karena masker kalo kata influencer-influencer: Sepenting itu!

Selalu gunakan masker agar terhindar dari virus dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan maskne dapat kita atasi dengan mengikuti tips-tips ini, ya!

1. Gunakan Masker yang Bersih

Menggunakan masker baru yang dicuci bersih dapat mengurangi risiko maskne. Pastikan masker yang teman-teman gunakan dicuci dan dibilas dengan bersih. Selain itu, gunakan masker yang benar-benar kering agar udara di sekitar masker tidak semakin lembab akibat helaan nafas selama menggunakannya.

2. Ganti Masker Maksimal 4 Jam Sekali

Masker yang kita gunakan harus diganti maksimal empat jam sekali agar selalu bersih, karena masker dapat kotor akibat minyak di wajah, keringat, ataupun menjadi lembab karena helaan nafas selama menggunakannya. Bahkan sobat dapat mengganti sebelum empat jam jika dirasa sudah mulai kotor, lembab, atau mulai tidak nyaman dikenakan, misalnya maskernya basah terkena hujan.

Maka, selalu sediakan 2-3 masker cadangan di dalam tas yang disimpan di pouch yang bersih ya!

3. Gunakan Produk Skincare yang Tepat

“Maskernya sudah bersih, kok masih jerawatan?”

Seperti yang kita bahas sebelumnya, maskne berisiko terhadap orang yang sudah lebih dulu berjerawat atau yang memiliki kulit rentan berjerawat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk merawat kulit terlebih dulu, salah satunya dengan menggunakan produk skincare yang tepat.

Kenali kulit sobat, cari tahu produk skincare apa yang cocok, hingga jenis alergi kulit yang mungkin kalian alami. Agar lebih mudah, sobat dapat mengkonsultasikannya bersama dokter mitra UNALA. Jangan khawatir, konsultasi ini gratis buat sobat yang masih berusia 15-24 tahun, tentunya dengan pelayanan yang ramah!

4. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Jika sudah menemukan produk skincare yang tepat, jangan lupa untuk membersihkan wajah secara teratur agar penyerapan kandungan skincare dapat bekerja maksimal.

Saat membersihkan wajah, jangan menggosoknya dengan kasar, gunakan material produk yang lembut sehingga tidak mengiritasi kulit.

5. Hindari Keinginan untuk Menyentuh Wajah

Dengan tidak menyentuh wajah, kita nggak cuma mencegah munculnya maskne, tetapi juga mencegah penularan berbagai kuman penyebab penyakit. Ingat, memecahkan jerawat bukan solusi yang tepat, sebaliknya akan memperparah kondisi jerawat.

6. Kurangi Gesekan Berlebih antara Kulit dan Masker

Gesekan masker yang berlebihan terhadap kulit dapat mengiritasi kulit sehingga rentan muncul maskne. Oleh karena itu, penting untuk memilih ukuran masker yang tepat dengan wajah kita, yang mampu menutup area mulut dan hidung namun tetap dapat bernapas dengan nyaman.

Gunakan atau ikat tali masker dengan pas, tidak terlalu ketat agar mengurangi gesekan, tetapi tidak terlalu longgar agar melindungi maksimal virus penyebab penyakit. Selain itu, pilihlah bahan masker yang lembut dan nyaman.

7. Jangan Ragu Berkonsultasi dengan Dokter

Jika sudah mengikuti tips di atas tetapi maskne nggak mau pergi. Jangan ragu untuk mengkonsultasikannya dengan dokter mitra UNALA agar segera tertangani dengan tepat dan gejala tidak menjadi parah. 

Tunggu apalagi? Yuk, hubungi Customer Service UNALA untuk membuat janji temu!

Itulah tips-tips agar maskne dapat perlahan-lahan memudar. Prinsipnya, yang harus kita singkirkan itu bukan maskernya, tetapi maskne-nya. So, jaga kesehatan kalian dengan mematuhi protokol kesehatan: cuci tangan, jaga jarak, dan pakai maskernya, oke!


Sumber:

“6 Tips to Avoid ‘Maskne’ – Newswise.” https://www.newswise.com/coronavirus/6-tips-to-avoid-maskne/?article_id=737412&ta=home#!.