Tetap Aman di Media Sosial

Mengakses media sosial memang sudah menjadi salah satu kebiasaan yang tak terpisahkan dari dalam hidup orang saat ini. Bahkan hampir semua orang menggunakan sosial media saat ini, baik dari remaja, bahkan anak-anak hingga orang dewasa. Di media sosial ini tidak ada batasan dan waktu untuk orang-orang berinteraksi secara virtual. Siapa saja boleh dan bisa menggunakannya, makanya kamu perlu untuk menggunakan media sosialmu dengan baik dan sehat agar sesuatu hal yang bisa menjadi penyesalan dikemudian hari tidak terjadi sama kamu. Beberapa tips atau cara menggunakan media sosial agar tetap aman:

  • Jangan Asal Posting

Ingat bahwa akun media sosial kamu bisa dilihat secara publik, termasuk semua postingan yang ada didalamnya. Oleh karena itu, kamu harus lebih bijak dalam memilih apa-apa saja yang ingin kamu posting. Meskipun media sosial saat ini memiliki platform yang bisa menjaga keamanan privasimu dan menyediakan fitur untuk menjaga privasimu, tetap saja kamu harus tetap waspada, menghindari ketersinggungan pihak ketiga dan demi keamanan dirimu sendiri tentunya. Perhatikan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) untuk lebih berhati-hati dalam mengunggah informasi di internet..

  • Tak Perlu Detail Mencamtumkan Informasi

Di era digital yang semakin canggih, tentunya semakin cagih pula kejahatan yang dilakukan oleh cyber. Karena itulah jangan pernah mencantumkan informasi pribadimu secara detail, karena kita tidak pernah tahu ancaman-ancaman apa yang sedang mengintai. Kamu harus peduli dengan privasi kamu ya, misalnya tidak mencantumkan alamat, nomor telepon, email atau nomor rekening pada profil pribadi.

  • Terapkan Etika

Selain wajib menjaga privasimu dan memilih konten yang kamu posting, kamu juga harus menjaga etika kamu dalam menggunakan media sosial. Jangan sampai kebebasan yang diberikan media sosial kepadamu, membuat kamu melakukan hal-hal yang di luar batas norma sosial dan tidak memperhatikan etikamu kepada sesama pengguna media sosial lainnya. 

Apa saja yang bisa kamu hindari:

  • Mengunggah komentar negatif, menyerang atau menghina orang lain
  • Mengunggah data orang lain, seperti foto, video, percakapan, tanpa persetujuan orang lain
  • Mengedit konten orang lain dengan maksud menjatuhkan atau tanpa persetujuan orang lain
  • Menyebarkan rumor, berita hoaks atau belum tentu kebenarannya

Oleh karena itu, jagalah sopan santun kepada siapapun, hindari kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA (suku, ras, agama, antargolongan) agar tidak ada pihak yang tersinggung dan muncul diskriminasi.

  • Jaga Keamanan Digital

Akan selalu ada limpahan informasi yang diberitakan oleh para orang-rang yang tidak bertanggung jawab dan berseliweran di media sosial. Nah, kalau sudah begini kamu harus pandai menyaring informasi-informasi yang tersebar. Terlebih dengan informasi dari pengguna-pengguna yang tak dikenal dan tanpa maksud dan tujuan yang jelas, seperti hoaks atau misinformasi. Tentunya hal ini demi menghindari dirimu dari penipuan dan hal-hal berbahaya lainnya yang tak diinginkan.

  • Ganti password media sosial secara rutin
  • Gunakan password dengan kombinasi huruf, angka, symbol dan huruf kapital
  • Jangan bagikan data pribadi di profil media sosial, status atau unggahan media lainnya
  • Tidak sembarangan berbagi konten dengan orang lain, termasuk foto, video atau teks

  • Pilih Konten-konten yang Diikuti.

Apa yang kamu baca dan lihat setiap saat di media sosial memengaruhi suasana hati dan pikiranmu. Itulah pentingnya memfilter konten-konten yang kamu ikuti. Terkadang kita seringkali  silau dengan kehidupan orang lain di dalam media sosial dan kita sering kali membedakannya dengan kehidupan kita. Padahal kadang yang kita lihat belum tentu sesuai dengan kenyataannya. Maka dari itu pilihlah konten-konten yang bisa menghindarkan kamu dari kesalahan dalam menggunakan media sosial.

Dari beberapa tips dan cara di atas, semoga dapat menghindarkanmu agar tidak terjebak dalam penggunaan media sosial yang merugikan dirimu sendiri atau orang lain.